SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ............................
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas :
IV
Semester :
2
STANDAR
KOMPETENSI : 3.1 Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan
pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.
|
§
Pengertian pemerintah.
§
Komponen pemerintahan di Indonesia
|
§ Menyimak pengertian
pemerintah, pemerinta-han, dan sistem pemerintahan.
§ Menyebutkan
kompo-nen-komponen peme-rintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
§ Menyimak pemahaman
tentang sistem presidensial.
§ Menyebutkan
lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
§ Menjelaskan keanggotaan
MPR, DPR, dan DPD.
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang MPR, DPR, dan DPD.
§ Menjelaskan pengertian
lembaga eksekutif.
§ Menyebutkan para
pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang presi-den selaku kepala negara.
§ Menyebutkan
§ tugas dan wewenang
presiden selaku kepala pemerintahan.
§ Menjelaskan pengertian
lembaga yudikatif.
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
§ Menjelaskan keanggotaan
BPK.
§ Menjelaskan tugas dan
wewenang BPK.
§ Menjelaskan tugas dan
wewenang KPU.
|
§ Menjelaskan pengertian
pemerintah dan sistem pemerintahan
§ Menjelaskan lembaga
legislatif
§ Menjelaskan lembaga
eksekutif
§ Menjelaskan lembaga
yudikatif
§ Menjelaskan Badan
Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan Komisi
Pemilihan Umum
§
|
Tugas individu
Tugas kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§
|
§ Mengapa dalam suatu
negara harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana susunan
keanggotaan dan kedudukannya?
§ Apa tugas dan
wewenangnya?
§ Apa arti lembaga
eksekutif?
§ Apa saja tugas-tugas
presiden?
§ Mendiskusikan
lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas dan kewenangan
lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas BPK?
§ Kepada siapa hasil tugas
BPK diserahkan?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluar-ga, sekolah, dst.).
|
3.2
Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil
presiden, dan para menteri.
|
§
Lembaga eksekutif
|
§ Menjelaskan pengertian
lembaga eksekutif.
§ Menyebutkan para
pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang presiden selaku kepala negara.
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
|
§ Memahami lembaga
eksekutif (presiden).
|
§ Tugas individu
§ Tugas kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
|
§ Sebutkan organisasi
pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para
menteri?
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluar-ga, sekolah, dst.).
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah.........
(...........................................................)
NIP / NIK : ....................................
|
|
..........., ............................
20.....
Guru Mapel PKN.
(........................................................)
NIP /
NIK : ....................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ............................
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas :
IV
Semester :
2
STANDAR
KOMPETENSI : 4. Menunjukkan
sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di
lingkungannya.
|
§
Arti dan sejarah
globalisasi.
§ Kita di tengah-tengah globalisasi
§
Sikap kita
terhadap globalisasi.
|
§ Memahami manusia sebagai
makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
§ Memahami arti
globalisasi.
§ Mengetahui sejarah
globalisasi dan perkembangan-nya.
§ Menceritakan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan sikap kita
terhadap pengaruh globalisasi.
|
§ Menceritakan proses
globalisasi.
§ Menyebutkan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan sikap
terhadap pengaruh globalisasi.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian lisan
(keberanian menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Buatlah tabel mengenai
makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
§
§ Mengapa permainan playstation
atau game di komputer di Indonesia?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluar-ga, sekolah, dst.).
|
4.2
Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah
ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
|
§ Kita di tengah-tengah
globalisasi.
|
§ Menyebutkan
contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.
§ Menampilkan dampak
positif.
§ globalisasi, seperti
mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri
|
§ Menjelaskan globalisasi
kebudayaan.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Buatlah daftar mengenai jenis
budaya asing yang kini popular di Indonesia.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra.
§ Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 95-96.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluar-ga, sekolah, dst.).
|
4.3.
Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
|
§ Sikap kita terhadap
globalisasi
|
§ Menyebutkan dampak
negatif dan positif dari globalisasi.
§ Menyebutkan
contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
§ Menentukan sikap kita
terhadap pengaruh globalisasi.
|
§ Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Mengisi kolom skala sikap.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket (Buku PKn
untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 97-98.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluar-ga, sekolah, dst.).
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah.........
(...........................................................)
NIP / NIK :
....................................
|
|
..........., ............................
20.....
Guru Mapel PKN.
(......................................................)
NIP /
NIK : ....................................
|
How to make money at casinos without making money
ReplyDeleteBet on 메리트 카지노 online งานออนไลน์ casinos without having to make your first deposit and earn money, then start by simply having the choegocasino money in your account. These are