Friday, December 9, 2011


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   ............................
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   IV
Semester                                                 :   2
STANDAR KOMPETENSI                :   3.1   Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1     Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.

§  Pengertian pemerintah.
§  Komponen pemerintahan di Indonesia
§  Menyimak pengertian pemerintah, pemerinta-han, dan sistem pemerintahan.
§  Menyebutkan kompo-nen-komponen peme-rintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
§  Menyimak pemahaman tentang sistem presidensial.
§  Menyebutkan lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
§  Menjelaskan keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.
§  Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
§  Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presi-den selaku kepala negara.
§  Menyebutkan
§  tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
§  Menjelaskan pengertian lembaga yudikatif.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
§  Menjelaskan keanggotaan BPK.
§  Menjelaskan tugas dan wewenang BPK.
§  Menjelaskan tugas dan wewenang KPU.
§  Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§  Menjelaskan lembaga legislatif
§  Menjelaskan lembaga eksekutif
§  Menjelaskan lembaga yudikatif
§  Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§  Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum
§   
Tugas individu
Tugas kelom-pok

§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§   
§  Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
§  Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§  Apa tugas dan wewenangnya?
§  Apa arti lembaga eksekutif?
§  Apa saja tugas-tugas presiden?
§  Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§  Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§  Apa tugas BPK?
§  Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?
4 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.

§  Lembaga eksekutif
§  Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
§  Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
§  Memahami lembaga eksekutif (presiden).
§  Tugas individu
§  Tugas kelom-pok
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
§  Sebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri?
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )





Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP / NIK : ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel PKN.



(........................................................)
         NIP / NIK : ....................................


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   ............................
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   IV
Semester                                                 :   2
STANDAR KOMPETENSI                :   4.     Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1     Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

§  Arti dan sejarah globalisasi.
§  Kita di tengah-tengah globalisasi
§  Sikap kita terhadap globalisasi.
§  Memahami manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
§  Memahami arti globalisasi.
§  Mengetahui sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.
§  Menceritakan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§  Menjelaskan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
§  Menceritakan proses globalisasi.
§  Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§  Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.
Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Mengapa globalisasi terjadi?
§  Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
§   
§  Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?
4 x 35 menit




§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
4.2     Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

§  Kita di tengah-tengah globalisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.
§  Menampilkan dampak positif.
§  globalisasi, seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri
§  Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
Tugas individu
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra.
§  Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

§  Sikap kita terhadap globalisasi
§  Menyebutkan dampak negatif dan positif dari globalisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
§  Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
§  Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
Tugas individu
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Mengisi kolom skala sikap.
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )


Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP / NIK : ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel PKN.



(......................................................)
         NIP / NIK : ....................................

1 comment:

  1. How to make money at casinos without making money
    Bet on 메리트 카지노 online งานออนไลน์ casinos without having to make your first deposit and earn money, then start by simply having the choegocasino money in your account. These are

    ReplyDelete